Polusi-Udara

Alternatif Mengatasi Polusi Udara di Jakarta Yang Kian Meningkat

wahanadigital.com – Hari ini, Selasa (15/8/2023), jadi kabarnya DKI Jakarta meraih penghargaan “nomor dua terburuk” dalam urusan kualitas udara di seluruh dunia. Kayaknya mereka ngambil berita dari situs yang jagain kualitas udara, IQAir, pukul 05.43 WIB, dan hasilnya angka kualitas udara di sini menggila sampe 165 AQI US. Artinya, di kota ini udaranya masih masuk kategori “nggak enak, bro”, nomor dua terjelek di dunia, loh.

Masalahnya sih, polutan paling parah yang tergantung di udara Jakarta hari ini itu PM 2.5. Nah, jumlahnya tuh 16,4 kali lebih gede dari panduan tahunan World Health Organization (WHO) untuk kualitas udara. Gile, kan?

Oh ya, suhu pagi ini di Jakarta ada di 25 derajat celsius dengan kelembapan 77 persen. Angin juga ngibarin tuh, kencengnya 9,3 km/jam, sama tekanan udaranya 1014 milibar. Tapi kabar buruknya, angka kualitas udara hari ini lebih parah dari kemarin. Jadi, Senin kemarin pagi pukul 08.00 WIB, indeks kualitas udara di Jakarta itu berada di angka 153 AQI US. Terutama polutan utamanya adalah si jahat PM2.5. Senin kemarin, Jakarta ternyata nggak kalah ngawur, masuk peringkat keempat kota dengan udara paling payah di dunia.

Sampai sekarang sih, situs yang ngecek kualitas udara masih ngegerakin orang buat pake masker, pasang alat penyaring udara, tutup jendela, dan nggak boleh keluar rumah. Mereka mah saran ini biar kita nggak terpengaruh udara kotor yang nongkrong di luar. Tetep waspada, ya, bro!

Mengatasi polusi udara merupakan tantangan yang kompleks dan memerlukan kerja sama dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, industri, dan organisasi non-pemerintah. Berikut adalah beberapa solusi yang dapat membantu mengurangi polusi udara:

  1. Peningkatan Transportasi Berkelanjutan: Mengembangkan sistem transportasi berkelanjutan seperti jaringan transportasi umum yang efisien, sepeda, dan jalan pejalan kaki. Ini dapat mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang berkontribusi pada emisi gas buang.
  2. Penggunaan Energi Bersih: Mendorong penggunaan energi bersih seperti energi surya, angin, hidro, dan nuklir, serta mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi.
  3. Pengendalian Emisi Industri: Mengawasi dan mengatur emisi dari industri besar seperti pabrik dan pembangkit listrik untuk memastikan pematuhan terhadap standar emisi yang ketat.
  4. Penghijauan Kota: Menanam pohon dan menciptakan ruang terbuka hijau di perkotaan dapat membantu menyaring polutan udara dan meningkatkan kualitas udara.
  5. Pemantauan Kualitas Udara: Mengembangkan sistem pemantauan kualitas udara yang efektif untuk melacak tingkat polusi dan mengambil tindakan yang sesuai.
  6. Pendidikan dan Kesadaran Masyarakat: Kampanye edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang dampak polusi udara dan mendorong perubahan perilaku yang lebih ramah lingkungan.
  7. Penggunaan Teknologi Ramah Lingkungan: Mendorong pengembangan teknologi yang dapat mengurangi emisi polutan, seperti teknologi kendaraan ramah lingkungan dan sistem energi yang lebih efisien.
  8. Regulasi dan Kebijakan: Menerapkan peraturan dan kebijakan yang ketat terkait emisi kendaraan bermotor, standar emisi industri, dan pengelolaan limbah.
  9. Pengolahan Limbah yang Tepat: Meningkatkan sistem pengolahan limbah agar tidak menghasilkan emisi polutan udara.
  10. Teknologi Penyaringan Udara: Penggunaan perangkat penyaring udara di dalam ruangan, terutama di daerah yang terpapar polusi udara tinggi.
  11. Perubahan Gaya Hidup: Mengurangi penggunaan produk-produk yang menyebabkan polusi udara, seperti pembakaran sampah, dan mengadopsi gaya hidup yang lebih ramah lingkungan.
  12. Kolaborasi Internasional: Kerjasama antarnegara untuk mengatasi polusi udara lintas batas dan membagikan teknologi serta kebijakan terbaik.

Tindakan kolektif yang terarah dan berkelanjutan sangat penting untuk mengatasi masalah polusi udara. Solusi-solusi ini harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat serta diimplementasikan dengan dukungan penuh dari berbagai sektor masyarakat.

Baca juga lainnya

Join our newsletter and get newest articles directly in your inbox!

Give your website a boost today!

Lejitkan bisnis Anda dengan buka cabang di Online

Masukkan email Anda untuk mendapatkan konsultasi gratis seputar pembuatan website dan digital marketing.