niat puasa sunnah tasua

Lafadz Niat Puasa Tasu’a, Hari ke-9 Bulan Muharram

Puasa Tasua adalah puasa sunnah yang dilakukan pada hari kesembilan bulan Muharram dalam kalender Islam. Hari Tasua merupakan hari sehari sebelum Hari Asyura, yang juga dikenal sebagai Hari ke-10 Muharram.

Niat puasa Tasua adalah suatu niat yang dilakukan oleh seorang Muslim sebagai persiapan untuk berpuasa pada Hari Tasua. Niat ini sebaiknya diucapkan dengan lisan atau dalam hati sebelum masuk waktu subuh pada hari yang dimaksud. Niat puasa Tasua dapat dirumuskan dengan kalimat sederhana, misalnya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatit Tasû‘â lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT.

 

Sedangkan contoh lafal niat puasa sunah Asyura sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Niat puasa adalah salah satu syarat sah bagi sahnya ibadah puasa, termasuk puasa Tasua. Niat ini menunjukkan kesungguhan hati dalam menjalankan ibadah puasa dan membedakan puasa sebagai ibadah khusus bagi Allah.

Jika seseorang tidak berniat sebelum waktu subuh atau terlupa, maka puasanya tidak dianggap sah.

Puasa Tasua dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap peristiwa sejarah penting yang terjadi pada Hari Asyura, yaitu peristiwa pembebasan Nabi Musa dan Bani Israel dari penindasan Firaun. Puasa ini juga diharapkan membawa keberkahan dan pengampunan dosa, serta sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain puasa Tasua, pada Hari Asyura, umat Muslim juga dianjurkan untuk berpuasa sunnah atau bahkan puasa wajib (bila mampu) sebagai ekspresi syukur dan ibadah kepada Allah SWT. Namun, perlu diingat bahwa puasa Hari Asyura tidak boleh jatuh pada hari Jumat saja, harus disambung dengan puasa satu hari sebelumnya (Tasua) atau satu hari setelahnya (yaum ‘Asyura).

Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi pengingat bagi kita semua dalam menjalankan ibadah puasa Tasua dengan ikhlas dan penuh keberkahan.

Baca juga lainnya

Join our newsletter and get newest articles directly in your inbox!

Give your website a boost today!

Lejitkan bisnis Anda dengan buka cabang di Online

Masukkan email Anda untuk mendapatkan konsultasi gratis seputar pembuatan website dan digital marketing.